Hadir Cicipi Menu di FJB 2022, Sejumlah Pejabat Dorong Masyarakat Kenal dan Lestarikan Kuliner Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 - 17:17 WIB
loading...
Hadir Cicipi Menu di FJB 2022, Sejumlah Pejabat Dorong Masyarakat Kenal dan Lestarikan Kuliner Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno meracik sendiri makanan yang ingin disantapnya dalam Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 di Jakarta, Minggu (30/10/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah menteri dan mantan pejabat mendatangi lokasi digelarnya Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (30/10/2022). Kehadiran para tokoh bangsa itu merupakan wujud apresiasi mereka pada penyelenggaraan FJB, yang tahun ini mengambil tema Kenali Rasanya Indonesia.

Tamu istimewa yang hadir di hari terakhir JFB 2022 itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Sandiaga Uno mengatakan, Kementerian yang dipimpinnya akan senantiasa mengawal kegiatan di bidang ekonomi krearif seperti FJB, apalagi dalam situasi pascapandemi Covid-19, di mana Indonesia tengah berupaya bangkit untuk menggerakkan kembali roda perekonomian.

“Di momentum kebangkitan setelah pandemi, Kemenparekraf akan terus mengawal agar kegiatan-kegiatan seperti FJB bisa terus berkelanjutan. Apalagi FJB adalah festival kuliner terbesar di Indonesia dengan target 100.000 pengunjung," kata Sandiaga, Minggu (30/10/2022).



Sandiaga juga berpesan agar JFB menerapkan strategi seperti yang dilakukan Kemenparekraf untuk ikut berperan dalam mempercepat kebangkitan ekonomi, yaitu 3G: Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), serta Gaspol (garap semua potensi untuk buka lapangan usaha dan lapangan kerja).

"Pesan saya, FJB harus 3G. Gercep, Geber, dan Gaspol," tandas Sandiaga.

Menlu Retno Marsudi tak ketinggalan menyampaikan pandangannya tentang FJB, yang kali ini digelar selama 3 hari yaitu pada 28-30 Oktober 2022.
Hadir Cicipi Menu di FJB 2022, Sejumlah Pejabat Dorong Masyarakat Kenal dan Lestarikan Kuliner Indonesia

Menlu Retno Marsudi (kanan) cicipi menu di FJB. Foto/Istimewa

“Saya kira FJB sangat bagus. Bagaimana kita bisa men-showcase berbagai macam makanan Indonesia. Showcase semacam ini perlu dipersering," kata Retno.

"Masyarakat akan terbiasa kalau sering menemukan. Menemukan makanan-makanan Indonesia yang enak, mudah didapat, dan sebagainya. Jadi saya cukup optimis bahwa kalau kita semua merawat makanan Indonesia dan pada akhirnya menyukainya, maka akan mudah bagi kita untuk mempromosikan makanan itu ke luar negeri. Mari kita bersama sangga dan promosikan makanan Indonesia agar lebih mendunia," papar Menlu.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menyoroti pentingnya membuat ajang seperti FJB di luar negeri.
Hadir Cicipi Menu di FJB 2022, Sejumlah Pejabat Dorong Masyarakat Kenal dan Lestarikan Kuliner Indonesia

Menhub Budi Karya Sumadi. Foto/Istimewa

"Pelaku UMKM yang terlibat ini harus terus dilindungi. Bahkan saya mengusulkan Bango bikin cluster seperti ini juga di Singapura, Malaysia, Belanda, dan Saudi karena saat kita ada di luar negeri, pasti merasa kangen dengan makanan Indonesia. Bango dengan korporasinya bisa mengangkat ini dan menjadikannya satu kekuatan,” papar Menhub.

Triawan Munaf yang beberapa tahun lalu pernah membuka FJB mengatakan, festival kuliner ini sudah sangat dinantikan oleh para pecintanya setelah dua tahun hanya digelar secara virtual akibat pandemi Covid-19. Pihaknya juga mengapresiasi PT Unilever Indonesia, yang melalui brand kecap Bango selalu konsisten mengadakan festival yang misinya adalah melestarikan kuliner autentik Nusantara.
Hadir Cicipi Menu di FJB 2022, Sejumlah Pejabat Dorong Masyarakat Kenal dan Lestarikan Kuliner Indonesia

Mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf. Foto/Istimewa

“Saya ucapkan terima kasih kepada Unilever dan kecap Bango yang secara konsisten, kecuali pandemi kemarin, mengadakan Festival Jajanan Bango yang sudah ditunggu banyak orang setiap tahun. Karena di situlah semua jagoan kuliner dari seluruh Indonesia dikumpulkan dengan cita rasa orisinilnya," pungkas Triawan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)